Sabtu, 19 Maret 2016

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

  Tidak ada komentar
IDTEKNOKU.COM | Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta | Hari kedua Netizen Gathering bareng MPR RI dilaksanakan dengan lancar. Kali ini saya akan menceritakan sedikit mengenai hal-hal apa saja yang saya dapatkan ketika mengikuti netizen gathering ini.

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

Hari Sabtu (19/3/2016), saya mengawali aktivitas di EastParc Hotel dengan bangun pagi dan ibadah sholat. Pada pukul 07.00 WIB saya mandi dan memepersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan di hari kedua ini. Dan kegiatan pertama yaitu menyantap makanan pagi di Resto Eastparc Hotel. Menu yang disajikan sangat beragam dan lezat. Saya pun satu per satu mencoba setiap makanan yang ada. 

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

Perut sudah kenyang, saya dan teman-teman netizen dipersilakan masuk ke ruangan The Garden Room. Disana kita akan mengikuti diskusi bersama dengan Pimpinan Badan Pengkajian MPR RI, Bapak TB. Soenmandjaja. Diskusi kali ini mengambil tema “Menangkal Radikalisme dengan 4 Pilar”.

Diskusi yang membahas mengenai radikalisme yang ada di Indonesia menjadi perhatian yang sangat tinggi untuk para netizen. Radikalisme sendiri memiliki pengertian yaitu suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan.

Soenmandjaja juga menjelaskan pentingnya untuk menangkal paham radikalisme yang ada di Indonesia. Kita harus benar-benar tau mengenai paham radikalisme yang dapat merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan ikut sosialisasi ini dan kemudian kita berbagi pengalaman tentang paham radikalisme kepada seluruh lapisan masyarakat. Cara ini juga terus dilakukan oleh MPR RI.

Selanjutnya, Soemandjaja juga terus mengingatkan kepada para netizen untuk selalu ingat akan perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajah pada zaman dahulu. Betapa beratnya  perjuangan para pejuang Indonesia untuk mempersatukan NKRI. Namun sekarang ini, banyak sekali aksi-aksi radikalisme yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok di Indonesia. Salah satu contohnya, insiden Bom Sarinah yang gempar mendunia dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, kita harus menjadi generasi muda yang anti terhadap radikalisme.

Dalam menangkal radikalisme ini kita harus memahami Empat Pilar MPR yang dicanangkan MPR RI. Empat Pilar tersebut antara lain : Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Melalui pilar-pilar tersebut kita dapat memahami yang kemudian kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain empat pilar tersebut, ada juga toleransi antar umat beragama. Toleransi ini sangat penting untuk menangkal Radikalisme di Indonesia. Negara Indonesia sendiri berbeda dengan negara lainnya. Indonesia memiliki 5 agama yang diperbolehkan ada di Indonesia. Maka, sikap toleransi antar beragama sangat diperlukan. Sebagai contoh, Setiap perayaan Hari Nyepi di Bali semua umat beragama melakukan kegiatan nyepi. Tidak memandang agama. Bisa kita lihat juga, pada hari itu Bandara Internasional Ngurah Rai, tidak melayani penerbangan pada hari itu.

Selanjutnya pada diskusi ini juga ada sesi tanya jawab untuk netizen. Saya mengutip pertanyaan dari Dimas Suyatno yang menanyakan tentang Radikalisme yang terjadi di dunia maya. Radikalisme yang sudah ketahui tersebut biasa kita temui di kehidupan nyata. Namun radikal itu juga bisa melalui berbagai cara, seperti melalui sosial media. Disini tentunya kita harus selalu berhati-hati dalam bertindak untuk menanggapi radikalisme di sosial media. Lebih baik kita diam tanpa menanggapinya.

Di sela-sela diskusi, Soenmandjaja juga mengajak netizen untuk menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Dan dengan sikap tegas netizen bersama Soenmandjaja bernyanyi. Pancasila yang merupakan sila-sila penting yang harus kita amalkan memiliki arti yang sangat dalam untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Di setiap kegiatan harusnya juga tetap menjunjung tinggi sila-sila Pancasila tersebut.

Di akhir diskusi, para netizen diberi kesempatan untuk berfoto bersama TB. Soenmandjaja di ruangan The Garden Room.

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

Dan pada saat itu juga, panitia mengumumkan pemenang live tweet dengan hastagh #4PilarUntukNetizen. Hastagh ini kemarin menjadi trending topics di Twitter.

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta

Hari Kedua Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta


Itulah sedikit cerita pengalaman saya di hari kedua, “Netizen Gathering bareng MPR RI” di Yogyakarta. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terima Kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Masukan komentar Anda di bawah ini