Jumat, 18 Maret 2016

Cerita Pengalaman Hari Pertama Mengikuti Netizen Gathering Bareng MPR RI di Yogyakarta

  Tidak ada komentar
IDTEKNOKU.COM | Cerita Pengalaman Hari Pertama Mengikuti Netizen Gathering Bareng MPR RI di Yogyakarta | Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta menjadi event yang sangat langka di kota pelajar tersebut. Peserta yang diundang mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, blogger hingga awak media. Kebetulan saya mendapatkan undangan dari MPR RI untuk mengikuti acara ini. Seluruh rangkaian acara dilaksanakan mulai hari Jum’at (18/3/2016) hingga hari Sabtu (19/3/2016).

Cerita Pengalaman Hari Pertama Mengikuti Netizen Gathering Bareng MPR RI di Yogyakarta

Pada hari pertama, saya berangkat dari Kota Solo pukul 10.00 WIB. Di sepanjang perjalanan menuju Yogyakarta saya sangat menikmati pemandangan kota-kota yang saya lewati. Hingga akhirnya saya sampai di lokasi yaitu Eastparc Hotel Yogyakarta. Sesampainya di hotel, saya melihat beberapa petugas keamanan dengan dibantu kepolisian. Dugaan saya itu semua untuk mengamankan Ketua MPR RI yang akan hadir dalam acara ini.

Kemudian saya masuk ke dalam hotel, menuju ke lantai empat. Disana saya melakukan registrasi ulang untuk mengikuti gathering ini. Hidangan makan siang sudah menanti. Saya dipersilakan untuk menyantap makan siang yang sudah disediakan.

Waktu menunjukkan pukul 14.00 WIB, peserta gathering dipersilakan untuk memasuki The Grand Ballroom untuk mengikuti kegiatan yang pertama yaitu Sambutan dan Diskusi bersama dengan Ketua MPR RI, Dr. (H.C.) Zulkifli Hasan, S.E., M.M. dengan tema “GBHN Sebagai Penentu Arah Bangsa”

Cerita Pengalaman Hari Pertama Mengikuti Netizen Gathering Bareng MPR RI di Yogyakarta

Menurut Zulkifli Hasan, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara yang besar. Negara yang membutuhkan perubahan demi menciptakan Indonesia yang maju. Empat Pilar MPR yang terus disosialisasikan oleh MPR diharapkan mampu memberikan arah kepada masyarakat. Empat Pilar MPR ini terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Kini Empat Pilar yang dicanangkan MPR RI mulai dilupakan oleh masyarakat. Dan sebagai bentuk gerakan untuk mewujudkan kembali Indonesia yang maju, MPR dengan bekerja sama komunitas, sekolah dan instansi tertentu mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR.

Sesi selanjutnya yaitu ramah tamah dengan Setjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono yang dilaksanakan di Heritage Room. Heritage Room ini berlokasi di seberang Eastparc Hotel. Sebelum sesi ramah tamah ini dimulai, netizens dipersilakan untuk menyantap makan malan di ruangan itu. Hingga pada pukul 19.30 WIB, Netizens dan awak media memasuki ruangan utama Heritage untuk mengikuti acara ramah tamah dengan Ma’ruf Cahyono.

Cerita Pengalaman Hari Pertama Mengikuti Netizen Gathering Bareng MPR RI di Yogyakarta

Pokok pembahasan dalam ramah tamah ini masih menyangkut dengan Empat Pilar yang sebelumnya sudah diberi penjelasan oleh Zulkifli Hasan. Ma’ruf Cahyono menjelaskan adanya gerakan “Ini Baru Indonesia” yang merupakan gerakan resmi yang dilakukan MPR beserta masyarakat yang lahir pada tanggal 1 Juni 2015 lalu di Blitar.

Gerakan ini diharapkan mampu menjadikan Indonesia menjadi lebih baik, Indonesia yang menjadikan nilai-nilai luhur bangsa sebagai budaya, dan menjadi perilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Beragam pertanyaan juga turut disampaikan dalam acara ramah tamah ini. Saya mengambil salah satu pertanyaan dari  seorang blogger. Dia menciptakan sebuah gerakan Aksi Indonesia Muda yang mempunyai website aksiindonesiamuda.com. Komunitas ini memiliki tujuan untuk memberantas kemiskinan yang ada di Indonesia. Dia juga mempertanyakan kepada Setjen MPR RI mengenai peran netizen dalam menciptakan Indonesia yang lebih baik melalui empat pilar MPR.

Dan yang menjadi permasalahannya adalah di Indonesia persebaran Informasi Teknologi masih belum merata. Untuk mensosialisasikan empat pilar MPR tersebut tanpa adanya IT yang baik, pasti tidak akan berjalan dengan baik pula.

Itulah sedikit cerita pengalaman saya di hari pertama dalam acara Netizen Gathering bareng MPR RI di Yogyakarta. Untuk melihat cerita saya di hari kedua, tetap pantau update artikel di website ini. Dan semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terima Kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Masukan komentar Anda di bawah ini