Selasa, 31 Maret 2015

Mengatasi ROM yang Lag dan tidak Smooth Lagi

  Tidak ada komentar
Mengatasi ROM yang Lag dan tidak Smooth Lagi
Mengatasi sebuah ROM yang mengalami lag saat menjalankan beberapa aplikasi (multitasking) sangatlah sangat membuat anda bingung bahkan mulai bosan dengan ponsel android anda. Pada dasarnya sebuah ROM baik Stockrom maupun Customrom, memiliki sebuah fitur yang dapat membuat tweak sendiri seperti saat nge-game atau saat bearalih ke mode multitasking. Namun Cusrom atau Custom Rom sendiri juga memiliki kekurangan dalam hal multitasking. Biasnya sebuah Cusrom itu masih belum ada tweaknya sebagian besar. Tetapi keuntungan dengan menggunakan Cusrom ini anda dapat menginstal berbagai tweak yang ada dan sesuai dengan ponsel android anda.

 Syarat-syarat ROM yang baik : 

1. Memiliki kapasitas RAM terpakai sebesar 2/3 dari total kapasitas RAM sebenarnya. 

Misalnya ponsel anda memiliki kapasitas RAM sebeesar 1024 MB atau 1 GB, bearrti minimal kapasitas RAM yang harus bersih sebesar 330 MB. 

2. Responsif dan Smooth

Dalam hal ini sangat penting dalam sebuah ROM, ROM yang responsif banyak dicari para pembeli ponsel berbasis android, dengan perkembangan zaman ini sudah banyak ponsel yang mengembangkan fitur responsible dengan sistem operasi 4.0 keatas.

3. Memiliki Aplikasi bawaan yang lengkap

Dalam sebuah android pastinya sudah dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Google.Inc sekaligus pengembang sebuah sistem operasi android ini. Diantaranya aplikasi-aplikasi tersebut adalah : Play Store, Play Musik, Layanan Google Play, Administrator Android, dan masih banyak lagi. Jika pada ponsel anda tidak terdapat atau kurang atau hanya sedikit aplikasi bawaannnya, anda bisa mengunduh sendiri di play store, atau bisa download disini : GAPPS 2015

4. Sesuai antara interface dengan sistem operasi

Interface merupakan sebuah tampilan yang didukung dengan fitur widget, wallpaper, dan animasi. Interface sangat penting untuk menentukan apakah rom itu baik. Karena sekarang ini banyak interface yang sering force close. Biasanya aplikasi yang sering force close antara lain : SystemUI. Untuk mengatasi masalah kecil ini anda bisa baca artikel ini : Cara mengatasi systemUI yang force close pada android.

Kembali ke pokok pembahasan kita, BAGAIMANA CARA MENGATASI ROM YANG LAG ?

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. salah satunya dengan menginstal aplikasi pihak ketiga yang semua aplikasi ini membutuhkan akses ROOT. 

1. Greenify : Aplikasi ini akan membantu anda untuk mengurangi penggunaan memory RAM. 
2. Sript ZRAM : Skrip ini akan memmbantu anda untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang tidak penting dalam sebuah sistem operasi android.
3. dan masih banyak lagi.

Cara tersebut merupakan cara yang paling gampang untuk mengatasi ROM YANG LAG. Lalu BAGAIMANA CARA AGAR ANDROID MENJADI SMOOTH

Kita harus mengetahui beberapa hal-hal penting dalam dunia android. Jika anda pernah mengoprek-oprek file yang ada di folder system pastinya sudah tahu letak atau posisi /system . Pada folder ini terdapat pula subfolder yang bernama app. Disini anda dapat mengatur aplikasi-aplikasi apa saja yang perlu untuk diinstal. Dan yang tidak perlu silahkan di delete saja. Hal itu dapat mmebuat android anda semakin smoothable.

Demikian tutorial ini saya berikan. semoga dapat bermanfaat dan jika masih mengalami masalah seperti yang sudah dijelaskan diatas silahkan hubungi saya atau dapat berkomentar pada artikel ini. 


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Masukan komentar Anda di bawah ini