Sabtu, 28 Maret 2015

Mengatasi BBM yang sering force close

  Tidak ada komentar

Mengatasi BBM yang sering force close.
Add caption
Mengatasi BBM yang sering force close. BBM merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Blacberry Limited. Blackberry Messenger ini merupakan salah satu aplikasi yang banyak sekali digemari oleh para sosialita di Indonesia bahkan di luar negeri. Dalam data yang disurvey oleh TIM IDTeknoku, Dalam Goole Play Store BBM menempati posisi ke-1 dari kategori aplikasi gratis yang terpopuler dan terbanyak dalam unduhan. Tidak lepas dari kategori aplikasi sosial media dan komunikasi juga. 

Force Close sendiri ini masih menjadi masalah yang besar berkaitan dengan aplikasi yang mereka buat. Para Perusahaan pembuat aplikasi harus berpikir duakali untuk membuat versi-versi aplikasi yang baru. Harus juga memperhatikan masalah ini.

Apakah anda sering mengalami BBM ynag mendadak force close atau bahkan tidak dibuka ?
Itu sebenarnya masalah yang gampang diatasi. Tetapi dengan syarat mempunyai aplikasi BBM dan akun yang masih aktif. Force Close atau dalam bahasa indonesianya berarti “paksa berhenti”. Force Close adalah satu keadaan dimana anda membuka sebuah aplikasi dan tiba-tiba aplikasi tersebut keluar sendiri. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor-faktor yang biasa, diantaranya:


1.      RAM yang penuh

Hal ini bisa terjadi karena dalam smartphone android anda memiliki spesifikasi penyimpanan RAM yang sedikit tidak bisa menjangkau yang melebihi dari kata maksimal. Atau juga bisa disebabkan karena anda terlalu banyak menginstal aplikasi yang banyak memakan RAM smartphone android anda. Saran saya pintar-pintarlah anda membagi sebuah sistem dengan kekuatan maksimal RAM.

2.      Terlalu Banyak Aplikasi yang diinstal

Jika anda banyak menginstal aplikasi yang tergolong memiliki size yang sangat besar, atau kualitas aplikasi yang high definition (HD), ini bisa menyebabkan beberapa aplikasi sering force close. Tidak hanya aplikasi, Games pun bisa menyebabkan suatu aplikasi yang mengalami Force Close. Game membutuhkan banyak penyimpanan sementara (RAM) yang mempengaruhi proses multitasking. Jadi saran saya sesuakanlah aplikasi dan Games yang ingin diinstal dengan spesifikasi smartphone android yang anda miliki.


3.      Memiliki Kontak yang terlalu banyak

Blackberry Messenger (BBM) mempunyai fitur penyimpanan kontak sebesar 2000 kontak itu maksimal, tetapi jika anda memiliki kontak sebanyak 1000 kontak lebih. Akan memiliki kemungkinan aplikasi BBM anda sering mengalami Force Close. Namun bukan berarti memiliki kontak sebanyak 1000 akan membuat BBM sering Force Close, tetapi masih bisa digunakan sebagaimana layaknya. 

4.      BBM yang belum diperbarui


Sebuah aplikasi akan berjalan dengan baik, jika ada pembaruan maka sudah diperbarui di Google Play. Jika belum diperbarui bisa menyebabkan aplikasi Force Close. Untuk versi BBM terbaru pada Play Store yakni versi 2.7.0.23. Saran saya jika aplikasi BBM anda masih lawas atau belum diperbarui silahkan perbarui di Play Store. Jika anda ingin memperbarui aplikasi BBM secara otomatis untuk kedepannya silahkan atur pada pengaturan BBM. 

5.      Koneksi Internet yang kurang stabil

Dalam hal ini, BBM membutuhkan koneksi yang stabil. Tidak harus dengan kecepatan yang cepat tetapi stabil. Walaupun koneksi internetnya hanya sampai EDGE tidak masalah itu, asalkan sinyal kartunya stabil tidak terputus-putus, Terkadang jika anda membuka aplikasi BBM dengan sinyal EDGE tidak bisa dibuka, itu merupakan tanda-tanda koneksi yang tidak stabil. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini ? Caranya sangat baya, tinggal saja anda memilih yang cocok diantaranya. Silahkan baca artikel ini : artikel atau bisa cari di google.

Lalu bagaimana solusinya ?

Banyak cara untuk mengatasi masalah ini. Dengan smartphone android ROOTED atau UNROOTED bisa. Tergantung spesifikasi android anda.

Cara 1 :
Buka aplikasi BBM, lalu tekan tombol recents apps dan usap ke kiri aplikasi BBM (ini membuat aplikasi berhenti secara paksa), Lalu buka kembali aplikasi BBMnya

Cara 2 :
Buka pengaturan ponsel anda. Kemudian aplikasi, cari BBM, lakukan hapus data dan cache. Kemudian restart ponsel anda. Dan buka kembali aplikasi BBM anda.


Cara 3 :
Gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify, RAM Manager, dan lain-lain. Bisa Baca artikel ini

Catatan : Cara-cara itu semua bisa dimaksimalkan dengan syarat smartphone android anda sudah memiliki akses robot.

Secara garis besar, BBM adalah aplikasi sosial media yang berbasis website dan servernya pun berada di dalam satu wadah yang besar di perusahaan BBM pusat (Amerika Serikat). Banyak sekali masalah-masalah mengenai aplikasi maupun Games. Tetapi semua ini bisa diatasi dengan trik super.

Demikian trik ini saya sampaikan, jika masih mengalami masalah seperti yang dibahas diatas bisa hubungi saya atau komentari artikel ini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Masukan komentar Anda di bawah ini