Jumat, 28 Agustus 2015

Bagaimana Hasil Speedtest Jaringan Smartfren 4G LTE di Pedesaan ? #GoForIt

  Tidak ada komentar
Bagaimana Hasil Speedtest Jaringan Smartfren 4G LTE di Pedesaan ? #GoForIt

Setelah melakukan pengujian terhadap jaringan yang baru-baru ini sangat populer yaitu jaringan smartfren 4G LTE ini anda pasti bertanya-tanya. Mengapa jaringan Smartfren 4G LTE yang ada di perkotaan dan pedesaan itu memiliki hasil speedtest yang berbeda ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, marilah kita simak bersama-sama mengenai jaringan Smartfren 4G LTE ini.


Jaringan 4G LTE sudah bisa dirasakan oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Jaringan ini merupakan jaringan yang sementara tercepat di Indonesia. karena 4G ini sendiri merupakan penerus dari generasi sebelumnya yaitu 3G. Perlu kita ketahui juga 2G : Edge, GSM 3G : HSDPA, HSPA, EVDO, dan 4G ini adalah LTE. PT. Smartfren Telecom Tbk. bekerjasama dengan vendor-vendor lain untuk mendukung dalam pengadaan jaringan 4G LTE ini, vendor tersebut diantaranya : Haier dan Hisense. Terbukti dengan dikeluarkan produk Andromax yang dibuat dari kedua vendor tersebut.


Mengapa hasil speedtest jaringan Smartfren 4G LTE di perkotaan dengan di pedesaan berbeda ?

Jawabannya adalah bahwa pada dasarnya jika kita melakukan speedtest dengan lebih dari satu perangkat pasti berbeda hasilnya walaupun hampir sama posisi tempatnya. Dan untuk pembagian bandwidth ini sendiri juga ada batasannya. Ya wajar saja kalau kecepatan internet di pedesaan lebih lambat daripada di perkotaan. Karena kebanyakan alat transmiter nya itu berada di daerah perkotaan. Sekedar informasi juga, kecepatan di Jakarta dengan di Semarang dan di Semarang dengan di Solo memiliki tingkatan tersendiri. Misalnya saja di Jakarta bisa sampai 100 Mbps untuk kecepatan downloadnya, kemudian di Semarang bisa 80 Mbps, dan di Solo bisa sampai 40 Mbps. Itu tergantung berapa jarak alat transmiter lokal menangkap sinyal dari alat transmiter pusat (di Jakarta).

Berikut ini beberapa hasil speedtest yang sudah saya lakukan dengan diperkotaan dan dipedesaan :

Di Perkotaan (Solo)

Bagaimana Hasil Speedtest Jaringan Smartfren 4G LTE di Pedesaan ? #GoForIt


Di Pedesaan (Kec.Gatak-Sukoharjo)

Bagaimana Hasil Speedtest Jaringan Smartfren 4G LTE di Pedesaan ? #GoForIt

Itulah sedikit jawaban dari beberapa pertanyaan yang saya dapatkan dari teman-teman, semoga dapat bermanfaat. #Go4GSolo #GoForIt

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Masukan komentar Anda di bawah ini