Minggu, 24 Januari 2016

Tips Aman Untuk Orang Tua Kepada Anak Ketika Main Smartphone

  Tidak ada komentar
IDTEKNOKU.COM - Tips Aman Untuk Orang Tua Kepada Anak Ketika Main Smartphone | Perkembangan teknologi sekarang ini sudah memberi pengaruh besar terhadap anak. Baik anak  yang belum sekolah, anak SD, SMP, bahkan sampai SMA. Seorang anak cenderung untuk mengikuti aktivitas yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Tentunya pada saat orang tua menggunakan smartphone. Anak biasanya akan meminta smartphone yang sedang digunakan oleh orang tuanya. Baik untuk sekedar bermain game atau untuk membuka aplikasi yang diinginkannya. Namun, Anda jangan khawatir. Disini saya akan memberikan beberapa tips paling aman ketika seorang anak menggunakan sebuah smartphone.

1. Alokasi Waktu Bermain Gadget


Tips Aman Untuk Orang Tua Kepada Anak Ketika Main Smartphone

Bermain smartphone mempunyai keseruan sendiri, terutama pada diri seorang anak. Berbeda dengan orang tua. Orang tua biasanya menggunakan smatphone untuk kebutuhan komunikasi atau bisnis, akan tetapi anak lebih menggunakan smartphone hanya untuk bermain game saja. Dalam hal ini jika seorang anak terlalu sering bermain dengan smartphone-nya, Anda sebagai orang tua harus memberi batas atau durasi untuk anaknya. 1-2 jam itu adalah waktu yang sudah cukup. Kewajiban seorang anak bukan hanya untuk bermain game, tetapi dia juga harus dapat menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh gurunya. Dan tidak lupa, anak tersebut juga harus tetap belajar agar prestasinya baik.

2. Batasi Konten


Tips Aman Untuk Orang Tua Kepada Anak Ketika Main Smartphone

Hal ini merupakan langkah terpenting sebagai orang tua dalam hal mengawasi perkembangan seorang anak. Anda harus menjadikan smartphone untuk anaknya sebagai alat untuk merangsang perkembangan seorang anak. Seperti memasangkan beberapa aplikasi yang bersifat edukasi, memberikan tampilan semenarik mungkin dan bisa juga memberikan bimbingan secara langsung. Kemudian jangan membiarkan seorang anak men-download konten-konten yang bersifat tidak mendidik. Anda juga harus selektif terhadap apa yang dilakukan oleh anaknya. Jika hal tersebut sudah dilakukan dengan baik, tentunya seorang anak akan cepat mengalami perkembangan.

3. Dampingi Anak


Tips Aman Untuk Orang Tua Kepada Anak Ketika Main Smartphone

Metode pengawasan yang hanya mengandalkan sebuah smartphone belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Hal tersebut bisa ditambah dengan pengawasan secara langsung. Pengawasan tersebut dengan melakukan pendekatan terhadap seorang anak. Jika Anda memiliki waktu yang cukup banyak, dampingilah anak Anda. Anak akan merasa nyaman dan tenang ketika orang tua berada disampingnya. Walaupun anak tersebut sedang menggunakan sebuah smartphone, pasti anak itu akan selalu aktif bertanya-tanya kepada orang tuanya. Peristiwa seperti inilah yang akan membuat seorang anak akan cepat dalam berpikir.

4. Selektif Memilih Perangkat


 Tips Aman Untuk Orang Tua Kepada Anak Ketika Main Smartphone

Seperti yang sudah saya katakan pada artikel sebelumnya, Anda harus benar-benar selektif dalam membelikan sebuah smartphone kepada anak. Sebuah smartphone yang cocok untuk seorang anak adalah smartphone yang sudah terpasang sebuah fitur khsusus untuk anak. Seperti Kids Center dan Parental Control. Nah, smartphone yang memiliki fitur tersebut adalah Acer Liquid Z320. Smartphone ini memiliki kemampuan untuk mengawasi segala aktivitas yang dilakukan oleh seorang anak pada saat meggunakannya. Hal ini tentunya akan membuat orang tua lebih mudah dalam proses mengawasi dan mendidik anaknya. Dan anaknya pun tetap merasakan kesenangan dalam proses perkembangan pola berpikirnya.

Baca Juga : 

Kehadiran Acer Liquid Z320 Membuat Anak Menjadi Senang dan Tentunya Orang Tua Tetap Tenang


Demikian ulasan mengenai beberapa tips dalam mengawasi anak ketika menggunakan sebuah smartphone. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Masukan komentar Anda di bawah ini